Album PPI Kota Ambon

SLIDE SHOW PPI KOTA AMBON

Rabu, 23 Mei 2012

Kekayaan Peta Kota Ambon


Kekayaan Peta Kota Ambon 


Ambon manise. Itulah slogan yang diucapkan orang untuk memanggil orang Ambon. Masyarakat kota Ambon yang merupakan percampuran dengan bangsa asing, membuat generasi penerusnya memiliki perawakan seperti nenek moyang mereka. Tetapi, apakah *peta kota Ambon * semanis masyarakatnya? 

Ambon merupakan ibukota dari propinsi Maluku, yang terletak di pulau Ambon. Propinsi yang posisinya berada di 3 derajat ? 4 derajat LS, 128 derajat ? 129 derajat BT, termasuk ke dalam wilayah Indonesia bagian timur. Karena dikelilingi oleh laut, Ambon beriklim laut tropis dan musim. Iklim musim barat terjadi antara bulan Desember sampai bulan Maret, sedangkan iklim musim timur terjadi antara bulan Mei sampai bulan Oktober. 


Hari lahir kota Ambon jatuh pada tanggal 7 September 1575. Terbentuknya kota Ambon berdasarkan sejarah terjadinya berawal dari pembangunan benteng Portugis di Pantai Honipopu, yang disebut benteng Kota Laha. Di sekitar area benteng banyak masyarakat yang menetap di sana. Hingga pada masa pendudukan Belanda , benteng Kota Laha diambil alih lalu diganti namanya menjadi benteng Nieuw Victoria. Sejak direbut oleh Belanda benteng Nieuw Victoria menjadi pusat pemerintahan dan perdagangan VOC, yang dipimpin oleh seorang Gubernur Jenderal Belanda. 

Masyarakat yang mendiami sekitar benteng membentuk beberapa kelompok masyarakat yang disebut kelompok masyarakat Soa Ema, Soa Kilang, Soa Silale, Soa Hative, dan Soa Urimessing. Nah, kelompok-kelompok masyarakat inilah yang nantinya menjadi cikal bakal masyarakat kota Ambon. 

Di balik peta kota Ambon tersimpan berbagai keindahan dan keunikan masyarakat Ambon. Masyarakat Ambon mayoritas beragama Kristen . Namun, masyarakat berbeda agama juga mendiami kota Ambon. Masyarakat yang berasal dari suku Maluku ini ada yang beragama Islam, dan mendiami pulau Ambon di bagian Utara Lei Hitu, sedangkan yang beragama Kristen mendiami pulau Ambon di bagian Selatan Lei Timur. 

Nama lain dari kota Ambon adalah Ambonia. Dengan jumlah penduduk berdasarkan sensus penduduk 2007 sebanyak 428.585 jiwa, menggunakan bahasa Indonesia dan mendiami kota dengan luas wilayah 377 Km^2 . Di kota Ambon sendiri memiliki lima kecamatan dan satu kota. Kelima kecamatan tersebut terdiri dari:
* Kecamatan Nusaniwe yang memiliki 13 desa.
* Kecamatan Sirimau yang memiliki 14 desa.
* Kecamatan Leitimur Selatan yang memiliki 8 desa .
* Kecamatan Baguala yang memiliki 7 desa.
* Kecamatan Teluk Ambon yang memiliki 8 desa. 

Letaknya yang dikelilingi oleh laut, membuat Ambon memiliki pemandangan laut yang cukup bagus. Laut Banda yang berbatasan langsung di bagian selatan kota Ambon bisa Anda jadikan sebagai objek wisata . Selain laut Banda, ada banyak objek wisata yang dapat Anda kunjungi bila melancong ke kota Ambon. Anda bisa bermain-main di pantai Namalatu, Natsepa Indah, Santai, Desa Hukurila. Keempat pantai tersebut menampilkan pesona laut yang sayang untuk dilewatkan.